Rabu, 11 Mei 2016



 AKU KUAT DI TENGAH BADAI

1.    Memberikan kekuatan...

            Awal dari perjalananku jauh berbeda dari siapapun juga yang bertempat tinggal di dunia fana ini. Sejak kecil hingga beranjak remaja semua orang dapat berkata bahwa aku seorang anak jenius dan tidak akan pernah tersaingi oleh seluruh teman-teman sekelasku. Shine Anables Sandria merupakan nama yang diberikan oleh kedua orang tuaku. Memberikan kekuatan sinar bagi kehidupan banyak orang didalam segala jenis kelemahannya.
            Suatu hari kelak aku membayangkan diriku menjadi seorang paling berbeda untuk menggapai sebuah impian dalam suatu area kehidupan. Saat melakukan pendakian dari suatu puncak tertentu memiliki seni kehidupan tersendiri didalamnya. Menjadi sebuah tongkat bagi perjalanan seseorang disebuah padang gurun terluas dan paling terhebat . Memberikan sinar sesuai dengan makna dalam namaku Shine saat mereka sedang mengalirkan air mata oleh karena luka kehidupan.
            “ Shine...seseorang dapat dikatakan hebat bukan karena memiliki kemewahan, popularitas, kejeniusan, kecantikan, ataupun seluruh dunia ini berada dalam genggaman tangannya “ kata-kata bijak seorang ibu dalam nafas perjalananku.
            “ Maksud mama seperti apa ?” Pertanyaanku kembali seakan mencari arti dari kalimat tersebut. Mama akan selalu ada untuk mengarahkan perjalanan dalam berbagai sudut persimpangan disuatu area yang telah dan sedang didepanku. Semenjak papa meninggal, mama merupakan tulang punggung bagi kehidupanku. Memberikan arahan, membentuk perjalanan, membuatku kuat ditengah badai hidup paling terberat.
            “ Seseorang dikatakan hebat disaat dirinya dapat melewati badai kehidupan tanpa berbagai jenis persungutan sekalipun proses demi proses terus membungkus langkah kehidupannya.” Ungkapan seorang ibu untuk membuka mata hati anaknya tentang perjalanan hingga mengerti arti dari kehebatan seseorang.
            “ Suatu hari kelak, jika anak mama diperhadapkan sebuah badai paling terbesar dalam perjalanannya dan tetap tersenyum tanpa mengeluarkan berbagai jenis persungutan sedikitpun pastinya kemenangan luar biasa akan terus membungkus dunianya.” Sekali lagi ungkapan seorang ibu dengan terus membelai rambut hitam anaknya.
            “ Shine sangat bahagia karena mama akan selalu ada untuk membalut luka yang sedang terjadi dalam kehidupanku. Mengajarkan dunia Shine untuk mengenal bagaimana cara menjadi seorang yang paling hebat. Trimah kasih untuk semuanya. “ Kalimat Shine tersenyum manis dalam dekapan seorang ibu.
            Perjalananku berbeda dengan siapapun juga untuk berbagai hal yang sedang terjadi. Belajar tersenyum disaat semuanya pergi menjauh dari kehidupanku. Awal dari kehidupanku terlihat sangat menyenangkan dikarenakan memiliki keluarga lengkap. Hingga suatu ketika proses demi proses mulai membuatku dan menyadarkan apa yang sebenarnya terjadi. Dimulai dari kepergian ayah terhebat dimana selalu menuntun langkahku untuk dapat melakukan banyak hal.
            Dalam sebuah perjalanan pulang menjemputku dari les sewaktu Shine masih remaja, ayahku ditikam oleh seseorang yang tidak lain merupakan rekan sekerjanya sendiri. Seakan tidak pernah mendapat keadilan dari pihak hukum yang sedang menangani kasus ayahku. Aku harus berjalan tanpa kasih sayang seorang ayah dalam nafasku.
            Akan tetapi, mama tidak pernah mempelihatkan segala jenis persungutan dalam langkahnya hingga saat ini. Berjuang sendiri tanpa mengenal lelah sejenis apapun. Seorang ibu terbungkus kelembutan dan akan selalu ada untukku apapun yang terjadi. Sekalipun kami hanya hidup dari usaha jahit kecil-kecilan namun tetap terlihat berbeda bagi pemandangan siapapun. *******
Aku dapat melewati semua hal yang terjadi dalam perjalananku hingga mengantarkanku meraih peringkat pertama sejak kecil hingga remaja. Aku belajar untuk tidak bertanya tentang apa, bagaimana, mengapa, dan ribuan pertanyaan tentang perjalanan langkahku saat itu. Hingga suatu ketika seorang Shine si’anak jenius mengalami kecelakaan paling mengerikan dalam perjalanannya. Berada dalam sebuah ruangan dipenuhi alat-alat medis dari rumah sakit tersebut. Terbaring lemah dan tidak sadarkan diri, kemungkinan untuk berjuang hidup sangatlah tipis.
            “ Secara manusia duniakku saat ini akan berkata-kata dengan berbagai ribuan pertanyaan higga membuatku jatuh dalam sebuah jurang oleh karena kepedihan hati seorang ibu saat ini.” Jerit hati mama menggenggam erat tanganku tanpa melepasnya sedikitpun.
            “ Mampukan aku untuk terus membuktikan pada duniaku kalau aku kuat ditengah badai hebat sekalipun anakku saat ini sedang terbaring koma dalam sebuah ruangan. Aku percaya, Tuhan tidak akan membiarkanku hidup dalam kesepian tanpa senyum dari Shine.“Kembali kepedihan hatinya terungkap dalam sebuah doa.
            Seorang ibu selalu ada untuk membuktikan kemenangan dalam perjalanannya tanpa mengeluarkan amarah sedikitpun. Berusaha untuk tidak marah akan rasa ketidak adilan yang sedang membungkus perjalanannya sekalipun terlalu menyakitkan. Air mata didalam kekuatan doa terus mengalir bagi perjalanan Shine. 
            “ Tuhan, kalakukan yang terbaik selebihnya Engkau yang bekerja saat ini. Aku terus berdoa untuk gadis kecilku Shine selebihnya Engkau pasti mengembalikan nafas kehidupan itu ke dalam tubuhnya. Dengarkan doa dan jeritan seorang yang sedang menangis saat ini.” Jeritannya didalam doa dengan mengalirka aliran air mata.
            Takkan pernah terlambat pertolongan Tuhan disaat air mata seorang ibu terus mengalir dalam sebuah ruangan meminta sesuatu hal. Mempercayai bahwa Tuhan tidak akan pernah terlelap untuk menjaga gadis kecilnya. Bagi pemandangan seorang ibu , Shine tetaplah gadis kecil sekalipun kini telah beranjak remaja. Tuhan tidak akan pernah meninggalkan dunia seorang ibu yang sedang berada dalam badai terhebat dalam langkahnya.
            “ Tuhan, ampuni aku untuk setiap hal yang sedang kulakukan baik secara sadar dan tidak sadar hingga membuat gadis kecilku berada serta terbaring koma saat ini. Tuhan, kembalikan nafas kehidupan itu buat Shine saat ini. “ untuk sekali lagi air mata seorang ibu mengalir deras membasahi wajah Shine.
            Tanpa sadar, air mata tersebut menjadi kekuatan bagi gadis kecilnya untuk terbangun dari tidurnya yang berkepanjangan. Shine membuka mata dan melihat air mata seorang ibu terus berjatuhan membasahi wajahnya. Memandang wajah dan jeritan seorang ibu saat sedang berdoa memohon agar Tuhan mengembalikan nafas kehidupan untuk gadis kecilnya.
            “ Mama...Shine dimana”
            “ Shine, gadis kecil mama “ kalimat pertama dari bibir mulut seorang ibu saat melihat gadis kecilnya terbangun dari koma. Ibu Vivie sangat bahagia oleh karena Tuhan memberikan kesempatan gadis kecil tetap berada dalam dekapannya. Tuhan tidak membiarkan air matanya terus mengalir dengan sia-sia oleh karena jeritan hati yang sedang dinaikkan.
“ Trimah kasih Tuhan untuk apa yang sedang Engkau kerjakan saat ini. Mengembalikan nafas kehidupan untuk gadis kecilku. Trimah kasih karena Engkau menghapus air mataku saat ini “ ucapan syukur dari seorang.
            Mama berjalan menuju ruang dokter untuk mendapatkan informasi lebih jelas tentang perkembangan kondisi kesehatan gadis kecilnya. Mendengar setiap kalimat demi kalimat tentang keadaan gadis kecilnya ke depan dan apa yang akan terjadi. *******
            “ Ibu Vivie, kondisi Shine sudah membaik hanya saja akibat dari kecelakaan tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan otaknya.” penjelasan dokter dengan tatapan sedikit mengejutkan.
            “ Maksud dokter seperti apa, saya minta maaf karena terus terang seakan ada kejanggalan dari kalimat ini. Apakah dokter bisa menjelaskan lebih mendetail.” perkataan ibu Vivie memasang mimik wajah berbeda.
            “ Kemungkinan besar Shine tidak akan seperti yang lainnnya dan tidak seperti kehidupan normal sebelumnya. Dikarenakan, dia akan sulit untuk mencerna setiap hal dalam dirinya. Dalam proses belajar pastinya membutuhkan waktu sangat lama sehingga dirinya mampu mencerna segala yang didalam. “ Kalimat-kalimat dokter membuat hati seorang ibu teriris begitu perih hingga sulit untuk terlukiskan dalam bentuk apapun.
            “ Jadi, maksud dokter Shine tidak akan kembali seperti semula, akan terlihat lemot dalam menerima apapun juga. Terlebih dia tidak akan kembali menjadi bintang juara dan pastinya akan mengalami kesulitan besar saat berada di kampusnya nanti.” ucapan ibu Vivie memandang dokter didepannya.
            “ Kira-kira seperti itulah ibu yang akan terjadi dan pastinya prestasi belajar Shine ke depan berbanding terbalik sebelum peristiwa kecelakaan tersebut.” Ucap dokter kembali menjelaskan.
            “ Ibu, dokter hanya seorang manusia dan pemeriksaan tentang keadaan Shine kedepan merupakan prediksi dunia medis. Akan tetapi, saya ingin berbicara saat ini bukan sebagai dokter melainkan sahabat dan mempercayai arti dari perjuangan seorang ibu “ kalimat dokter muda tersebut.
            “ Maksud dokter seperti apa?” kembali ibu Vivie bertanya.
            “ Kekuatan doa, kelembutan, kasih sayang serta dekapan seorang ibu dapat menghancurkan prediksi dunia medis apapun itu. Kemarin bagi pandangan manusia Shine tidak dapat bertahan, tapi apa yang terjadi oleh karena jeritan hati seorang ibu menghancurkan jurang maut tersebut” penjelasan dokter .
            “ Untuk kali ini pun, saya percaya suatu hari kelak Shine pasti memilik masa depan cerah dan berbeda saat melakukan sebuah perjuangan dalam mengejar mimpinya. Kalaupun untuk beberapa saat prediksi dokter terjadi, namun suatu hari kelak semuanya akan dihancurkan oleh kekuatan dari seorang ibu untuk gadis kecilnya “ tatapan lembut dokter Aaron memberi kekuatan bagi seorang ibu terkuat dalam perjalanan Shine.
            “ Trimah kasih dok...” ujar ibu Vivie berusaha tersenyum ditengah badai.
            Ibu Vivie berjalan keluar dari ruangan tersebut menuju bagian administrasi untuk mengetahui seluruh total biaya rumah sakit yang harus dibayarnya. Secara mengejutkan, tidak tahu harus berkata-kata oleh karena seluruh total biaya tersebut sangat tinggi. Bekerja puluhan tahun sekalipun tidak akan mampu untuk melunasi semuanya. “ Tuhan, dari mana aku akan mendapatkan uang tersebut.” kembali suara hati seorang ibu paling terkuat ditengah badai terbesar dalam perjalanannya.
            “ Ibu tidak usah khawatir, dikarenakan dokter Aaron telah melunasi segala biaya perawatan anak ibu. “ ujar suster memperlihatkan senyuman terbaiknya.
            “ Disaat jeritan hatiku sedang bermain, aku tahu bahwa Engkau tetap berada dalam langkah nafasku untuk mengeluarkanku dari kesesakan. Trimah kasih Tuhan “ suara hati seorang ibu menggema sangat kuat.
            “ Aku tidak tahu harus mengucapkan apapun saat ini, namun satu hal suatu hari kelak Tuhan akan membalas semua kebaikan dokter. Aku tidak memiliki apapun yang dapat kuberikan akan tetapi sekali lagi trimah kasih dokter” perkataan ibu yang memliki sebuah kekuatan ditengah badai hebat.
“ Aku suka dengan banyak hal yang ibu lakukan untuk Shine terlihat sangat berbeda menjadi kekuatan tersendiri dalam langkah kaki gadis kecil menurut pemandangan seorang ibu terkuat ditengah badai paling hebat.” Suara lembut dokter Aaron. *******
            “ Ibu seperti seekor burung rajawali, makin besar badai tersebut maka kekuatan untuk terbang makin hebat. Aku percaya suatu hari kelak ibu dapat menghancurkan prediksi dunia medis tentang keadaan Shine. “ ujarnya kembali tersenyum manis.
            Setelah keluar dari rumah sakit, segala ucapan dokter Aaron benar-banar terbukti. Shine sangat sulit untuk mencerna apapun dan saat mengikuti proses perkuliahan sangat jauh berbeda dari keadaan normal sebelumnya. Seluruh nilai-nilainya di kampus mengalami penurunan drastis. Bahkan Shine hampir dikeluarkan dari kampus oleh karena seluruh mata kuliah  yang diikutinya error.
Tidak tahu harus berkata apapun dan berjalan kemana...Selama beberapa tahun belakangan Shine tidak dapat melakukan aktifitasnya seperti sedia kala. Kejeniusan Shine hanya sebuah kenangan dan yang berada dalam perjalanannya saat ini merupakan akar kebodohan bahkan lebih hebat dari dunia anak autisme.
            Apakah Shine menangis untuk segala yang terjadi dalam kehidupannya saat ini? Kemana langkah kakinya akan bergerak dalam melakukan pendakian menuju puncak tertinggi untuk meraih mimpi?. Pertanyaan demi pertanyaan mengapa, bagaimana, siapa, dari mana, sedang apa, dan ribuan pertanyaan lain lagi membutuhkan jawaban secepat mungkin. Terlihat jelas bagaimana seorang ibu mendekap gadis kecilnya sehingga tetap memperlihatkan senyuman ditengah badai terkuat dalam langkah kaki disuatu area.
            “ Shine, apapun yang terlihat dalam dirimu saat ini semuanya hanya bersifat sementara. Gadis kecilku harus berjuang untuk keluar dan berusaha mengejar mimpinya. Tidak akan pernah menyerah atas segala keadaan yang terjadi. “ kalimat bijak seorang ibu terus mendekap Shine.
            “ Mama, apakah Shine akan menjadi orang paling bodoh melebihi siapapun diantara mereka yang terbodoh untuk selamanya “ pertanyaan Shine menunduk dan tidak tahu harus melakukan apapun.
            Tangis ibu Vivie seakan meledak seketika itu juga, hanya saja berusaha menahan air mata tersebut. Hati seorang ibu sangat hancur saat mendengar kalimat tersebut. Bagaimana tidak...Sejak kecil Shine merupakan bintang kelas dengan segala prestasi dan kejeniusan yang dimilikinya. Akan tetapi, untuk saat ini kejeniusan tersebut hanyalah sebuah kenangan.
            “ Terkadang Tuhan mengizinkan sesuatu terjadi dalam perjalanan seseorang hanya untuk membentuk kepribadiannya. Hingga suatu hari kelak apa bila dirinya berada dalam sebuah puncak tertinggi mengerti senii kehidupan yang sebenarnya. “ kalimat penjelasan ibu Vivie memandang Shine. Berusaha mengarahkan gadis kecilnya pada sebuah perjalanan dalam proses-proses tertentu.
            “ Tuhan tidak mau kalau Shine menjadi tinggi hati suatu hari kelak oleh karena memiliki kejeniusan berbeda dari siapapun juga. Jadi, melalui peristiwa ini Shine dibentuk untuk selalu merendahkan hati dan berjuang keras apapun yang terjadi ke depannya” sekali lagi sorot mata ibu Vivie membuat Shine mengerti atas tiap ucapan tersebut.
            Setelah Shine tertidur lelap, ibu Vivie berjalan menuju kamarnya dan menangis sejadi-jadinya mencurahkan segala isi hati kepada Tuhan. Seakan sebuah batu besar sedang menekan saat ini pada pundaknya. Secara tiba-tiba dia mengingat akan kalimat-kalimat dari dokter Aaron sebelum keluar dari rumah sakit tersebut beberapa tahun silam.
            “ Tuhan, inilah air mata seorang ibu dan jeritan untuk mencurahkan setiap hal serta beban hidup paling terhebat dalam nafasnya. Engkau tidak mungkin membiarkan air mataku mengalir dengan sia-sia tanpa menampungnya dalam kirbatMU saat ini. Masa depan gadis kecilku ada dalam genggaman tanganMU saat ini dan tidak seorangpun dapat merusaknya.” seru doa sang ibu dengan isak tangis luar biasa dalam sebuah kamar kecil.
            “ Apapun keadaannya saat ini hanya bersifat sementara. Doa seorang ibu akan menghancurkan segala perkataan terburuk dari siapapun juga serta masa depan tanpa arah. Kejeniusan gadis kecilku pasti kembali bahkan lebih dari yang dibayangkan oleh siapapun juga.” Untuk kesekian kalinya seru doa tersebut terus naik ke hadapan Tuhan.
            Setiap malam tanpa rasa lelah sedikitpun berada dalam sebuah kamar kecil hanya untuk menaikkan seru doa demi masa depan gadis kecilnya. Air mata, hati yang hancur dan remuk serta mengungkapkan apa yang sedang terjadi kepada Tuhan. Berbagai kata makian, penghinaan, pandangan sinis  semua orang tentang gadis kecilnya saat ini diungkapkannya melalui doa. Selama beberapa tahun setelah kecelakaan tersebut menjadikan segala sesuatu berubah menjadi tiga ratus enam puluh derajat berbanding terbalik. Shine tidak memiliki siapapun saat ini bahkan sahabatnya semua pergi menjauh.Lebih menyakitkan lagi cinta pertamanya pergi menghilang oleh karena keadaan Shine telah berubah.
Tuhan membuat langkah hidup dari seorang ibu yang terus berjuang didalam sebuah titik menjadi berbeda dari yang lainnya. Dibalik semuanya itu ada titik sinar melingkupi langkah kehidupan hingga membuat nafas menjadi berbeda dari sekitarnya. *******
           
2.    Putaran badai...

Putaran badai dapat saja menghampiri tiap nafas hingga membuat berbagai jenis luka didalamnya, namun memberikan pembentukan tersendiri disaat kata kecewa tidak pernah ada didalam langkah perjalanan kaki seseorang. Setahap demi setahap berjalan melewati badai hebat hingga membuat berbagai jenis warna dan dapat menghiasi perjalanan hidup seseorang. 
Jangan pernah menyerah dengan keadaan dan segala yang terjadi hingga saat tersebut tiba...Dimana Tuhan mengahapus air mata yang terus mengalir dan menggantikannya dengan air mata kebahagiaan. Ada saat Tuhan akan meninggikan seseorang yang tidak pernah dianggap dapat melakukan hal apapun, hingga membuat seluruh dunia malu saat memandangnya.
“ Shine anak idiot paling menyedihkan.” ejekan dari salah satu teman kampus Shine. Setiap harinya Shine akan mendengar berbagai ejekan penghinaan tentang keadaannya. Belajar untuk tersenyum sesuai dengan pengajaran dalam kehidupannya. Tersenyum ditengah badai paling hebat dan berkata  “ aku kuat untuk berjalan didalamnya”.
“ Shine, tidak akan pernah meneteskan air mata hanya karena hal sejenis ini apa pun yang terjadi. Sekalipun terlalu menyakitkan, hal seperti ini hanya bersifat sementara sesuai dengan ucapan mama, “ Jerit hati Shine .
“ Hingga waktu itu tiba, semua akan dijadikan indah pada waktunya.” Kembali suara hatinya menggema.
Bukan karena Shine tidak pernah belajar hingga seluruh nilai-nilainya menjadi error. Setiap hari dirinya berusaha untuk berada didepan buku-bukunya selama berjam-jam, akan tetapi otak Shine jauh berbeda setelah peristiwa kecelakaan tersebut. Shine harus menghadapi kenyataan terpahit oleh karena hampir seluruh perusahaan menolaknya untuk bekerja. Beberapa perusahaan menerima dia bekerja, akan tetapi secara mengerikan Shine harus dipecat .
Pemecatan tersebut terjadi setelah sehari bekerja dikarenakan Shine melakukan kesalahan paling parah diantara segala kesalahan yang pernah terjadi. Kuliah Shine terbengkalai dan untuk pandangan manusia tidak ada harapan bagi masa depannya suatu hari kelak. Kehidupan paling mengerikan sedang membungkus perjalanan Shine saat ini.Tidak memiliki teman, terkucilkan, harus menerima kenyataan pahit atas proses penerimaan otaknya jauh berbanding terbalik dari sebelum kecelakaan tersebut.
“ Dokter, apakah kehidupanku akan seperti ini terus yah?” pertanyaan Shine terhadap dokter Aaron. Semenjak peristiwa kecelakaan tersebut Shine mulai mengenal dokter Aaron yang telah menangani seluruh perawatan medis atas dirinya. Dokter Aaron pemberi semangat untuk kehidupan ibu Vivie disaat mendengarkan penjelasan tentang prediksi medis.
“ Shine, tidak boleh patah semangat hanya karena keadaan seperti ini.” Ujarnya memandangi Shine yang sedang tertunduk tidak berani untuk menatap.
“Tapi sekarang, aku bahkan lebih dari orang idiot dan tidak seorangpun yang ingin berteman denganku. Lebih parahnya lagi menjadi pacar, mana ada yang mau.” Ucapan Shine terdengar lemah.
“ Shine, untuk hari ini kamu memang terlihat tidak bisa melakukan apapun. Aku juga seperti dirimu dulunya akan selalu berada pada sebuah jalur tersulit dalam perjalananku. Namun, aku terus berjuang dan membuat semua orang menjadi malu oleh karena berbagai ejekan yang selalu diarahkan dalam duniaku.” Kata-kata dokter Aaron mencoba untuk memberikan semangat.
“ Shine, siapa bilang tidak ada yang mau menjadi sahabatmu. Dengarkan, aku mau selalu ada dan akan selalu menjadi sahabatmu.” Ungkapan dokter Aaron kembali membelai rambut panjang Shine.
“ Makasih dokter, karena mau menjadi sahabat Shine “
“ Shine memiliki mama yang selalu peduli dan selalu ada untuk menghapus luka kepedihanmu saat ini. Jadikan hal tersebut menjadi sebuah kekuatan dalam pencapaian puncak gunung tertentu.” Ungkapan dokter Aaron kembali.
“ Apa dokter dapat membantu Shine untuk mencari pekerjaan sekalipun hanya sebagai cleaning servis tidak menjadi masalah yang penting pada sebuah perusahaan dan satu lagi...” ucapnya.
“ Kenapa harus disebuah perusahaan dan bukannya di rumah sakit ini, pastinya bisa jadi penghibur bagi siapapun juga termasuk dokter yang sedang berbicara denganmu.” Pertanyaan dokter Aaron terkejut.
“ Karena Shine ingin memulai dari nol, dari dulu impianku, dimana suatu hari kelak aku menjadi manager perusahaan terkenal dan membuat sebuah kreatifitas tertentu dalam dunia industri serta berbicara didepan orang banyak tanpa terpatah-patah . Hingga mereka semua mengakui segala skill yang aku miliki “ penjelasannya.
“ Shine pernah mendengar sebuah kesaksian tentang pengusaha sukses. Dimana, dirinya memulai segala sesuatu dengan menjadi cleaning servis hingga ada saat tertentu Tuhan mengangkatnya oleh karena kemampuan yang dimiliki. Dokter, suatu hari kelak tidak menutup kemungkinan kalau akupun bisa menjadi bahkan lebih baik dari pengusaha sukses tersebut.” Perkataan Shine dengan mata berbinar-binar membuat dokter Aaron sendiri sedikit salah tingkah didepannya.
“ Baiklah, aku akan mencoba mencarikan kamu sebuah perusahaan yang kamu maksudkan. Satu lagi itu apa yach?” Kalimat dokter Aaron.
“ Karena dokter jenius dan memiliki proses otak kerja sangat luar biasa, jadi, Shine harap dokter mau membantu untuk mengarahkan sehingga aku bisa memulai semuanya dari nol. Shine ingin belajar dengan tahap-tahap berbeda hingga impianku dapat terwujud dan semua orang menjadi tercengang-cengang suatu hari kelak.” Jawaban Shine.
“ Aku pasti membantu seorang Shine mendapatkan impiannya.” janji dokter Aaron. Semenjak saat itu, antara dokter Aaron dan Shine semakin dekat. Shine dengan serius belajar untuk mengerti beberapa pokok pembahasan yang diterapkan oleh dokter Aaron. *******
Selain gelar dokter yang dimiliki, Aaron juga merupakan lulusan sarjana ekonomi pada salah satu universitas terbaik. Dapat dikatakan dokter Aaron harus membagi waktu bekerja sebagai pimpinan perusahaan sekaligus menjadi salah satu dokter disebuah rumah sakit swasta di ibu kota.Shine bekerja sebagai cleaning servis pada perusahaan yang dipimpin oleh dokter Aaron tanpa diketahuinya. Shine hanya mengetahui bahwa Aaron adalah seorang dokter. Dia tidak pernah menyadari bahwa dokter Aaron merupakan pimpinan perusahaan tempat dirinya bekerja.
Dokter Aaron dengan kesengajaan menyembunyikan identitasnya dan tidak memberitahukan hal tersebut terhadap Shine. Pada dasarnya, seluruh karyawan tidak pernah melihat secara langsung wajah pemimpin mereka di perusahaan tersebut.
“ Aku pasti bisa untuk melakukan semuanya dan akan mempelajari semua akar permasalahan tentang dunia perekonomian, perdagangan, laporan keuangan, saham, mata uang, dan industri serta kreatifitas tertentu didalamnya yang saling berhubungan satu dengan lainnya.” Kalimat Shine dalam hatinya. Mencoba memperhatikan mereka yang sedang rapat dan berusaha bersembunyi hanya untuk melihat sistem penerapan dalam proses pembicaraan tentang tahap-tahap dari istilah-istilah tersebut demi kemajuan perusahaan.
Shine mencoba mencatat berbagai istilah-istilah penting tanpa lelah dan bersembunyi dibalik tirai dalam ruangan rapat tersebut. Tidak ada yang tahu apa yang dikerjakan oleh Shine, sekalipun otaknya membutuhkan waktu lama untuk memproses seluruh istilah tersebut. Akan tetapi, dia tidak pernah menyerah sampai kapanpun juga.
“ Satu lagi, aku harus mempelajari tentang proses perbankan dan hubungan antara saham, perusahaan, industri, dan beberapa istilah inii sehingga menemukan titik tertentu didalamnya.” Ucapan Shine dalam kamar kecilnya.
“ Shine, gadis kecil mama kelihatannya sangat serius mengerjakan sesuatu hal sampai lupa makan “ ujar ibu Vivie secara tiba-tiba.
“ Mama, dengarkan Shine janji tidak akan pernah menyerah untuk memperlihatkan serta membuktikan kalau gadis kecilmu dapat melakukan sesuatu. Membuat mereka menjadi malu oleh karena berbagai penghinaan yang dikeluarkannya untuk mama dan Shine.” Pandangan Shine dengan penuh keseriusan.
“Anak mama pasti bisa membuktikan semuanya.“ ucapan mama bersemangat.
Secara tiba-tiba Shine membereskan seluruh buku-bukunya dan berjalan menuju rumah sakit menemui dokter Aaron. “Shine minta maaf karena mengganggu kesibukan dokter saat ini.” ucap Shine saat berada didepan dokter Aaron.
Dokter Aaron hanya tersenyum melihat kedatangan Shine didepannya. Dia berusaha menjelaskan maksud kedatangannya untuk meminta bantuan tentang beberapa hal.
 “ Aku tahu kalau dokter lulusan ekonomi, hanya saja tidak pernah terpakai diluar. Aku ingin dokter mengajariku tentang beberapa istilah yang telah aku tulis saat ini “ ucapan Shine menunduk sambil menyerahkan buku catatannya.
“ Siapa bilang aku tidak pernah memakainya diluar?” celoteh dokter Aaron didalam hatinya tersenyum.
“ Shine, kamu harus mencoba meneliti tentang perkembangan perekonomian dari negara ini melalui media dan om geogle tentunya. Kumpulkan seluruh data-data tersebut dan catat segala hasilnya. Perkembangan perekonomian suatu negara ditentukan oleh kondisi perbankan di negara tersebut. Jadi, kelemahan dan kekurangan dalam dunia perbankan pun harus kamu pelajari lebih lanjut karena akan tetap saling berkaitan dengan kondisi dari sebuah perusahaan itu sendiri. Baik secara sadar maupun tidak sadar akan tetap berhubungan erat.” penjelasan dokter Aaron berusaha menuliskan beberapa hal penting untuk memudahkan Shine mempelajarinya.
“ Dokter, bagaimana dengan laporan keuangan perusahaan dan progam-program tertentu didalamnya apakah terdapat beberapa tanda baca dan berdampak serta berkaitan erat antara bursa saham, perbankan, perdagangan, dan beberapa hal lainnya. “ pertanyaan Shine tanpa disadari proses kecerdasan otaknya mulai kembali setahap demi setahap. Doa, air mata, dan jeritan hati seorang ibu memperlihatkan hasil luar biasa setelah bertahun-tahun Shine mengalami lemah otak dalam memproses segala sesuatu didepannya.
“ Pastinya index mata uang akan berkaitan erat dengan semua hal yang kamu ucapkan termasuk laporan keuangan sebuah perusahaan. Jadi, dengan kata lain perusahaan dituntut mempersiapkan sebuah planing tersendiri untuk berjaga-jaga saat index mata uang sedang goyah.” Ucapan dokter Aaron kembali.
“ Dunia bisnis tentunya mengalami masalah-masalah tersendiri dalam menghadapi beberapa hal termasuk status perbankan, laporan keuangan, permainan mata uang, index saham dan beberapa hal lainnya. Jadi, dibutuhkan penguasaan dan penerapan tertentu untuk mendapat jalan dalam masing-masing istilah tersebut.” Penjelasan kembali dari dokter Aaron mencoba membuat Shine untuk memahami bagaimana proses kerja serta jalur bisnis perdagangan di suatu titik area tertentu.
“ Jadi, seperti itu yah maksudnya...” ucap Shine mengangguk-anggukkan kepalanya dan mencatat setiap penjelasan dari dokter Aaron.
“ Kekuatan doa seorang ibu dan perjuangan pantang menyerah dalam pendakian untuk meraih mimpi bagi dunia Shine, mulai memperlihatkan hasil.” Gumam dokter Aaron dalam hati menatap Shine yang penuh semangat untuk mempelajari tentang  perkembangan perusahaan.
“ Prediksi dunia medis dihancurkan oleh kekuatan serta perkataan positif dari seorang ibu yang kuat berjalan ditengah badai terhebat dalam langkahnya. Gadis kecilnya penuh semangat tanpa ada kata menyerah terus berjalan hingga berhasil melakukan pendakian setahap demi setahap dalam perjalanannya.” Kata-kata dokter Aaron dalam hati kembali membelai rambut panjang dari Shine sambil tersenyum.
“ Tuhan, kenapa jantungku seakan berdebar dengan begitu kencang saat ini saat dokter membelai rambut panjangku” suara hati Shine dengan debaran jantung begitu deras didalamnya.
Dokter Aaron tidak akan pernah menyangkal perasaan sendiri setiap melihat senyuman Shine saat sedang berada didepannya. Rutinitas Shine setiap harinya adalah melakukan tugas-tugas sebagai cleaning servis, bersembunyi dibalik tirai untuk mencatat seluruh tanggapan ataupun segala penjelasan serta istilah tertentu yang digunakan oleh perusahaan.
Tidak ada kata menyerah untuk terus belajar demi pendakian sebuah puncak gunung tertinggi dalam nafasnya. Dengan tidak pernah jemuh dalam mendengarkan penjelasan tentang sesuatu yang tidak dimengertinya dari dokter Aaron. Proses perkembangan otak Shine mulai memperlihatkan hasil secara luar biasa. Selama bertahun-tahun, akibat dari kecelakaan tersebut membuat kuliahnya terbengkalai . *******
Seluruh nilai-nilai mata kuliah Shine tidak memperlihatkan hasil, hingga harus mengalami penolakan dari berbagai perusahaan saat melamar pekerjaan. Namun, Shine tidak pernah mengenal kata menyerah dalam kamusnya hingga memperlihatkan hasil terbaik.
Membutuhkan perjuangan penuh dalam melakukan pendakian untuk mencapai puncak tertentu dari mimpinya. Sekalipun untuk saat ini Shine hanyalah seorang cleaning servis...Akan tetapi, wawasan dan kemampuan dalam melakukan pengelolahan serta perkembangan sebuah perusahaan berkembang pesat dalam dirinya.
Air mata seorang ibu tidak pernah mengalir dengan sia-sia setiap harinya. Jeritan hati seorang ibu akan selalu membuat Tuhan menangis terharu oleh karena perjuangan yang tidak pernah mengenal istilah putus asa dalam nafasnya hanya untuk menghancurkan prediksi medis tentang gadis kecilnya.
Dunia medis dapat berkata bahwa otak Shine tidak akan pernah kembali seperti sebelumnya. Lemah otak dalam melakukan sebuah proses apapun, dihancurkan oleh kekuatan doa seorang ibu dengan air mata yang mengalir deras setiap saat ditempat tersembunyi.
Tidak mengenal istilah bosan dalam nafas dan mencurahkan segala isi hati kepada Tuhan tentang masa depan gadis kecilnya. Sekalipun pandangan mata berkata Shine telah tumbuh menjadi seorang wanita, namun, dimatanya dia tetaplah gadis kecil yang membutuhkan dekapan dan kasih sayang seorang ibu. Menjadi pondasi terkuat dalam langkah kaki gadis kecilnya dengan meneteskan air mata didalam doanya.
“ Tuhan, inilah jeritan hati seorang ibu menginginkan gadis kecilnya dapat mendaki sebuah puncak gunung dengan cara yang berbeda dari siapapun. Mempercayai suatu hari kelak semua mata akan menjadi malu atas setiap penghinaan yang mereka ucapkan tentang masa depan Shine tanpa sesuatu hal yang menarik dikarenakan dampak dari kecelakaan tersebut.” Seru doa seorang ibu setiap harinya.
“ Suatu hari kelak, gadis kecilku akan menjadi tongkat bagi mereka yang lemah dan sedang berada dalam sebuah padang gurun paling luas hingga tidak mengetahui arah yang harus dilaluinya. Untuk saat ini, gadis kecilku masih berjalan dalam padang gurun. Namun, suatu hari kelak berbanding terbalik dia akan menjadi sinar dan tongkat bagi siapapun juga yang sedang melewati padang gurun.” Kalimat-kalimat doa dan iman seorang ibu untuk gadis kecil setiap saat ditempat tersembunyi.
Pagi itu, Shine terlihat sangat bersemangat saat melakukan aktifitasnya seperti biasa. Menyapu, mengepel, membersihkan seluruh kaca dari gedung kantor tersebut. Tanpa sadar, seseorang memperhatikan berbagai gerakan Shine setiap harinya sambil tersenyum dan tertawa sekali-sekali. Orang tersebut merupakan pimpinan dari perusahaan yang tidak lain dokter Aaron.
Melalui cctv dapat melihat segala aktivitas Shine dalam melakukan tugasnya dalam gedung pencakar langit tersebut. Tiba-tiba suara dari telpon genggamnya berdering keras dan menunjukkan adanya panggilan. Dokter Aaron hanya tersenyum manis saat melihat panggilan telpon dari Shine.
“ Ada apa Shine, sepertinya kamu lagi mempunyai masalah? terdengar dari suaramu. Atau jangan-jangan Shine merindukan dokter Aaron yah “ godaan dokter Aaron tertawa kecil.
“ Dokter percaya dirinya luar biasa juga...” ucap Shine dari telpon.
“ Yang pastinya kamu pasti merindukan senyuman dan suara khas dari dokter Aaron. Mengaku saja atau aku tidak akan pernah membantumu lagi untuk mengerti beberapa data-data suatu perusahaan yang biasa dipergunakan dalam proses pengelolahan masing-masing dengan kelebihan sarta kelemahan menurut bagian-bagiannya di seluruh perusahaan sejenis apapun.” Godaan dokter Aaron tertawa kecil.
“ Anggap saja Shine merindukan suara dokter dengan penuh keterpaksaan dan menginginkan senyum manis tersebut setiap saat.” celoteh Shine di telpon.
Dokter Aaron hanya tertawa kecil mendengar kekesalan dari Shine melalui telpon genggamnya. Berusaha untuk mengarahkan Shine hingga membuatnya mengerti tentang beberapa masalah dalam tahap-tahap terhadap suatu pengelolahan dari perusahaan serta ide-ide kreatif didalamnya. Bagi pemandangan dokter Aaron sudah saatnya Shine menjadi salah satu karyawan terpenting dalam perusahaan yang dipimpinnya. Hanya tinggal menunggu waktu memberikannya sebuah kejutan dan akan segera menjadi bagian terpenting untuk pengelolahan proses masa depan perusahaan tersebut.
“ Dokter, aku belum tahu program untuk system pengelolahan masing-masing perusahaan agar lebih memudahkan mengenal sebuah data tertentu” pertanyaan Shine sambil memasukkan sebungkus roti kedalam mulutnya.
“ Penggunaan program dan system untuk sebuah perusahaan berbeda-beda. Tidak mungkin sebuah perusahaan membeberkan segala system yang dipergunakan pada layar komputer karena dapat berakibat fatal.” Penjelasan dokter Aaron mencoba memperlihatkan kepada Shine beberapa program sesuai kebutuhan perusahaan.
“ Suatu hari nanti, kamu harus berhati-hati dalam menggunakan sebuah program dikarenakan sebagian dari pihak luar dapat mempelajari segala system kerja perusahaan . Bahkan, terkadang seseorang yang dianggap tangan kanan dapat bermain dengan begitu mudahnya.” ucap dokter Aaron.
“ Maksud dokter?” pertanyaan Shine memasang mimik wajah kebingungan.
“ Maksudnya saya seperti ini, Jangan mudah mempercayai siapapun juga dan harus berjaga-jaga sehingga seluruh data terpenting dari perusahaan tidak dapat dipergunakan salah. Jadi, kamu harus tahu dan pintar untuk melakukan penyusunan beberapa program komputer dan dengan sedikit menjebak tanpa siapapun menyadari. Hingga suatu ketika apa bila terjadi hal-hal mencurigakan dapat langsung tercium.” Penjelasan dokter Aaron terhadap Shine.
“ Maksud dokter, saya harus berpikir dalam membuat sebuah program pada layar komputer untuk tahap bagian apapun juga terlebih pribadi saya sendiri. Jadi, jika suatu kelak sesuatu mencurigakan terjadi segalanya akan terlihat jelas.”
“ Betul sekali, selain itu salah satu tujuannya saat terjadi permainan indeks saham atau mata uang dari luar...pihak luar atau siapapun, tidak dapat mengendalikan sesuatu didalamnya. Program seperti ini, harus didesain berbeda dan bagi siapapun terlalu sulit untuk menguasai atau mencari tahu system kerja pengelolahannya. Harus bersifat menjebak demi kelangsungan dan kemajuan sebuah perusahaan.” Penjelasan dokter Aaron kembali dan seperti biasanya membelai rambut panjang Shine sambil tersenyum.
“ Aku masih membutuhkan waktu untuk mengerti hal-hal seperti ini dok.”
“ Kamu harus sabar dan jangan terlalu kamu paksakan, suatu hari kelak pasti kamu akan mengerti segala yang aku ucapkan saat ini.” Kalimat dokter Aaron kembali mencoba mengarahkan Shine untuk tidak memaksakan otaknya bekerja lebih keras saat ini.
Dokter Aaron akan selalu ada disamping Shine serta mengajarkannya banyak hal. Dengan penuh kesabaran Shine berusaha untuk mencoba mengerti tentang penjelasannya. “ Suatu hari nanti, aku yakin Shine pasti bisa untuk melakukan banyak hal dan membuat mereka menjadi malu dengan kemampuan yang dimilikinya “ perkataan dokter Aaron menatap wajah Shine melalui selembar foto. Entah sejak  kapan, dokter Aaron menyukai Shine dan akan selalu menjadi sinar dalam perjalanan gadis impiannya. Namun, satu hal yang pasti dokter Aaron tidak akan pernah bisa untuk membohongi segala perasaannya sendiri. *******
Selama dua tahun lebih menjadi cleaning servis pada perusahaan tersebut membuat Shine mengenal banyak. Mendaki puncak gunung dengan cara yang berbeda dari siapapun juga. Berjuang untuk meraih impian hingga suatu hari kelak air mata kebahagiaan akan mengalir. Seorang ibu tanpa rasa bosan memberikan semangat untuk gadis kecilnya. Akan selalu ada dan berkata “ Aku kuat ditengah badai oleh karena kekuatan doa dari seorang ibu”. Tetap tersenyum saat semua yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan didepan mata.
Perjalanan Shine setahap demi setahap mengajarkan dunianya untuk mengenal arti dari sebuah perjuangan ditengah keterbatasan. Namun, setelah melewati masa-masa tersulit, hinaan, terkucilkan, nilai-nilai secara keseluruhan error akibat pengaruh kecelakaan tersebut mengajarkannya warna hidup. Tidak menjadi lemah disaat seseorang paling berarti pergi meninggalkannya dan sekaligus merupakan cinta pertama dalam perjalanan tersebut. Oleh karena, proses penerimaan otak Shine jauh melebihi manusia idiot pada umumnya.
Disisi lain, Tuhan membuat dunianya berbeda oleh karena seorang ibu yang akan selalu ada dalam nafasnya. Mengajarkan dunianya untuk tersenyum dan akan selalu berkata bahwa aku kuat ditengah badai kehidupan sebesar apapun. Dokter Aaron, akan tetap menjadi penyemangat tersendiri bagi langkahnya selain seorang ibu untuk menjadi pondasi terhebat.
“ Kenapa dokter selalu ada menjadi penyemangat Shine dan dengan tidak bosan mengajarkan tentang banyak hal?” Pertanyaan Shine tiba-tiba secara mengejutkan saat sedang bersama dengan dokter Aaron di rumah sakit.
Dokter Aaron hanya memperlihatkan senyumannya sambil memeriksa beberapa data pasien yang sedang dalam penanganannya. Tanpa menjelaskan apapun terhadap Shine tentang alasan untuk terus berada disamping tanpa rasa bosan. Shine terlihat kesal dikarenakan dokter didepannya bersikap cuek dan hanya sibuk dengan banyaknya data-data pasien yang sedang ditangani.
Shine terdiam dan segera berjalan keluar tanpa mengulang pertanyaannya kembali. Memainkan kakinya saat sedang duduk dalam sebuah taman tidak jauh dari rumah sakit tempat dokter Aaron bekerja. “ Tuhan, apakah aku salah kalau...” gerutu Shine memandangi anak-anak saat bermain bola.
“ Disini rupanya kamu, sejak tadi aku mencarimu.” ujar seseorang dari belakang membangunkan Shine dari lamunannya.
“ Dokter Aaron, ngapain kesini?”
“Mencari Shine dan menjawab pertanyaan sejak tadi diajukan.”
“ Shine, tidak membutuhkan jawaban apapun dari dokter sekarang.”
Dengan tersenyum dokter Aaron mencoba menggoda gadis tersebut hingga membuatnya terlihat kesal. “ Tidak menyesal mendengar alasan seorang dokter Aaron menginginkan terus mengajarkan Shine.” godaan dokter Aaron.
“ Cepat katakan dokter sebelum aku pulang.” ucap Shine penasaran.
“ Akupun sama seperti kehidupanmu sebelumnya yang membedakan bahwa Shine mengalami peristiwa kecelakaan hingga akhirnya mengalami lemah otak. Jauh berbeda dengan duniaku tanpa peristiwa kecelakaan sedikitpun.” jawaban dokter Aaron.
“ Maksud dokter?” pertanyaan Shine menoleh ke arah dokter Aaron.
“ Semua orang memprediksikan bahwa aku tidak mempunyai masa depan cerah, dikarenakan dalam proses belajar duniaku melebihi orang paling terbodoh di dunia yang pernah terlihat. Keadaan kita sama dan tidak ada perbedaan. Persamaannya adalah memiliki ibu yang akan selalu berjuang untuk menjadi pondasi dalam langkah kehidupan anaknya.” Penjelasannya.
“ Tapi, mamiku sekarang sudah meninggal hingga aku harus berjuang sendiri dalam menghadapi semuanya. Menjadi sebuah gunung bercahaya merupakan makna nama dari pemberian mamiku. Dengan kata lain, aku ingin menjadi gunung bercahaya untuk kehidupan Shine” ujarnya kembali.
“ Jadi, kehidupanku sangat mirip dengan keadaan dokter sebelumnya. Maka dari itu dokter selalu berada disampingku...” gumam Shine menganggukkan kepala.
“ Bukan hanya itu Shine.” tiba-tiba dengan tatapan berbeda.
“ Maksud dokter apa?” kata shine tidak mengerti.
Dokter Aaron berdiri dan menarik nafas dalam-dalam sebelum mengatakan sesuatu hal. “ Shine, kamu itu terlalu polos yah...Tidak mungkin ada seseorang pria terus-menerus bela-belain melakukan banyak hal untuk seorang gadis. “ ujarnya tertawa kecil.
“ Jujur saja, Shine tidak mengerti dengan penjelasan dokter.”
“ Karena seorang dokter Aaron menyukai dan sangat menyayangi Shine. Entah sejak kapan perasaan itu timbul ataukah dikarenakan kehidupan kita sama. Atau mungkin juga aku menginginkan untuk memiliki ibu seperti ibumu bahkan menjadikan Shine menjadi pasangan hidup selamanya.” Ujar dokter Aaron.
Mendengar penjelasan dokter Aaron membuat wajah Shine memerah seketika itu juga. Tidak pernah terbayangkan oleh Shine tentang ketulusan dokter tersebut dalam kehidupannya.
“Inilah yang dikatakan mama, apa yang tidak pernah didengar oleh telinga, tidak pernah timbul didalam hati dan tidak pernah dilihat oleh mata itulah yang Tuhan persiapkan untuk kehidupan.” Suara hati Shine mengingat ucapan mamanya.
“ Shine, kenapa diam atau ada seseorang yang kamu sukai? “
“ Dokter Aaron serius...Shine tidak sedang dalam mimpi atau apa inii namanya...” ucapan Shine tiba-tiba seakan tidak percaya.
“ Shine, dari dulu aku serius dengan kamu hanya saja tidak seorangpun menyadarinya termasuk dirimu. Membutuhkan waktu bagi perjalananmu untuk mengerti banyak hal, hingga aku putuskan menunggu gadis bernama Shine untuk menjadi pasangan hidupku suatu hari kelak” kalimat dokter Aaron tersenyum memperlihatkan wibawa dan kharismanya.
“ Sejak dulu dokter?”
“ Itu betul Shine” kembali mencoba membuat Shine percaya akan ucapannya. Bagaikan mimpi, dimana dokter Aaron menyatakan perasaannya terhadap Shine.
“ Aku mau jadi pasangan hidupnya dokter, tapi aku kan Cuma cleaning servis di sebuah perusahaan dan tidak seperti wanita karir lainnnya.” Ucap Shine memperlihatkan wajah minder sambil menunduk.
“ Yang aku butuhkan kepribadian berbeda dari gadis manapun bukan karena hal lainnya. Gadis tersebut dapat menjadi sebuah pondasi dalam membentuk perjalananku” jawabannya kembali.
Shine tidak pernah membayangkan banyak hal terjadi dalam kehidupannya. Jauh sebelumnya, Shine memiliki cinta pertama dan sekaligus menjadi pacar dalam kehidupannya. Namun, pria tersebut pergi meninggalkannya oleh karena tidak mampu menerima keadaan Shine setelah pengaruh dari kecelakaan tersebut. Setelah melewati pendakian sebuah gunung selama bertahun-tahun didalam luka hebat...Tuhan memberikan seseorang dimana sepuluh kali lipat jauh lebih baik dibandingkan cinta pertamanya.
“ Benar kata mama, semua yang kulalui hanya bersifat sementara dan suatu hari kelak Tuhan akan menghapus segala luka-luka oleh karena berbagai goresan terhebat dalam nafasku “ suara hati Shine bahagia. ******
3.    Penuh kesabaran...

“ Semua yang terjadi hanya untuk membentuk dunia Shine, sehingga suatu hari kelak tidak akan pernah mengeluarkan sebuah istilah dengan tujuan menyombongkan diri. Mengajarkan variasi kehidupan dan membuatnya berbeda.” kalimatnya kembali menggema didalam hati sangat bahagia.
Shine dan dokter Aaron akhirnya resmi menjadi sepasang kekasih. Bahkan, dokter Aaron langsung memintanya untuk bertunangan hari itu juga. Tanpa Shine sadari, dokter Aaron telah lama mempersiapkan sepasang cincin hanya saja dirinya harus menunggu waktu yang tepat. Dokter Aaron dengan penuh kesabaran menunggu waktu tersebut untuk menjadikan Shine sebagai pasangan hidupnya.
“ Shine, kamu dipanggil sama bos” ujar seorang sekertaris.
Shine segera meninggalkan pekerjaannya sebagai cleaning servis dan berjalan menghadap bapak Haris Sandi. Sebenarnya bapak Haris Sandi hanyalah tangan kanan yang dipercayakan untuk mengelola perusahaan tersebut. Ceo dari perusahaan tersebut, tidak lain adalah dokter Aaron sendiri. Dokter Aaron tidak pernah memperlihatkan diri bahkan untuk memperkenalkan identitas yang sesungguhnya.
“ Shine, mulai detik ini kamu bukan lagi pegawai cleaning servis “ ujar pak Haris membuat Shine sangat ketakutan dan berpikir akan mengalami pemecatan.
“ Maksud bapak, saya akan dipecat? Perasaan sejak awal memasuki perusahaan ini, saya berusaha untuk giat bekerja dan tidak pernah absen.”
“ Memangnya, siapa bilang kalau kamu mau dipecat.” gertakan pak Haris.
“ Jadi, saya tidak dipecat?” teriak Shine bahagia.
“ Bapak tahu, kalau kamu selalu bersembunyi dibalik tirai saat rapat sedang terjadi. Mempelajari semua jenis laporan yang tertera di komputer. Bahkan mengambil seluruh kertas dokumen yang seharusnya dibuang dan banyak lagi.” Ujar pak Haris tersenyum.
“ Saya minta maaf pak...” pembelaannya.
“ Siapa yang menyuruhmu meminta maaf.” Menggoda Shine sambil tersenyum memandangi tingkah laku Shine dengan wajah menunduk penuh ketakutan.
“ Aku ingin mengangkatmu menjadi salah satu orang terpenting dari perusahan ini. Ceo dari perusahaan ini sangat mengenal dengan pasti segala kemampuan yang ada dalam dirimu” penjelasan pak Haris.
“ Jadi, pemilik dari perusahaan ini bukannya bapak.” Kata-kata Shine terkejut dan seakan tidak percaya. Bagaimana mungkin ceo dari perusahaan ini mengenalnya sangat dekat, sedangkan wajahnya belum pernah terpampang didepan Shine.
“ Beliau sangat mengenalmu dengan baik, tidak lama lagi kamu akan menyadari siapa dirinya. Hari ini, kamu disuruh untuk memimpin sebuah rapat dan mejelaskan beberapa hal didepan semua orang.”
“ Sekarang pak, dan dengan pakaian cleaning servis seperti ini”
“ Tidak menjadi masalahkan untuk hari ini, biar semua orang tahu kalau seorang cleaning servis memiliki sebuah skil tersendiri dan menarik untuk diperhatikan bagi siapapun.”
“Tapi pak, memangnya apa yang akan saya lakukan.”
“ Dengarkan, kamu dituntut untuk memperlihatkan sebuah karya kreatif terbaru yang dibutuhkan oleh perusahaan. Data-data ini dapat membantumu dalam bekerja. Dengarkan, waktumu tiga jam dari sekarang untuk mempersiapkan semuanya.” Ucapan pak Haris. Shine seakan tidak mempercayai semuanya, tiba-tiba diperintahkan untuk memimpin rapat dan mempresentasikan sebuah hasil karya tertentu. Hanya dalam waktu tiga jam untuk mempersiapkan semuanya. Berusaha untuk memberikan yang terbaik.
“ Aku tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini.” Gumamnya..
Shine dibawah ke sebuah ruangan untuk mempelajari seluruh data-data didepan dan mempersiapkan semuanya dalam waktu tiga jam. Mencoba mencari beberapa istilah-istilah dari data tersebut dan segera mencatatnya. Tangannya pun sangat cekatan dalam menggunakan komputer, dikarenakan setiap hari Shine akan terus mempelajari beberapa sistem dan program komputer tertentu sesuai pengarahan dari dokter Aaron.  Meneliti dan melihat dengan teliti setiap akar permasalahan dari data-data tersebut. Berusaha mencari sebuah ide terbaru untuk pengeluaran produk terbaru dan perjalanannya ke depan. *******
Sesuai dengan jam yang telah ditentukan, Shine diperintahkan untuk memasuki ruang rapat tanpa harus bersembunyi dibalik tirai lagi. Semua orang dibuat kaget oleh karena seorang cleaning servis akan mengambil bagian terpenting dalam perusahaan tersebut. Lebih mengejutkan lagi, dikarenakan Shine akan memimpin dan menjelaskan sesuatu hall menggunakan pakaian cleanig servis. “ Shine, kamu pasti bisa menunjukkan kepada mereka dan dunia tentang kemampuan dalam dirimu. Sekarang waktunya bagi duniamu untuk mempermalukan mereka yang selalu menertawakanmu.” suara hati dokter Aaron.
Dengan tangan gemetar membuka laptop tersebut dan berdiri didepan banyak orang untuk menjelaskan sesuatu hal. Jantung berdetak sangat kencang dan untuk pertama kalinya akan melakukan hal sejenis. Berusaha untuk menenangkan dirinya sebelum berbicara panjang lebar.
“ Sebelumnya, saya ucapkan terimah kasih karena dipercayakan untuk melakukan sebuah presentase dalam ruangan sebesar ini.” Ucapan Shine.
Semua orang terdiam tanpa berkedip seakan tidak mempercayai apa yang ada didepan mereka saat ini. Seorang cleaning servis akan menjelaskan beberapa ide-ide kreatifnya dan sebentar lagi menjadi pemimpin mereka.
“ Baiklah, karena perusahaan ini membutuhkan sesuatu yang berbeda dan terlihat menarik bagi pandangan mata siapapun. Dengan penuh keberanian, saya mencoba untuk menjelaskan sebuah ide cemerlang dan pastinya sangat menarik bagi kalangan manapun.” kata-katanya tanpa terlihat seperti gadis idiot.
“ Sampah merupakan bahan yang seharusnya dibuang, akan tetapii tanpa seorangpun menyadari bahwa bahan dari sampah dapat dibuat sesuatu yang unik.”
“Paling kamu akan berkata kerajinan untuk pembuatan tas atau baju. Dengarkan, ini bukan dunia fashion dan dibutuhkan hal yang berbeda.” Perkataan salah satu dari mereka memotong dan meremehkan Shine.
“ Saya tidak berkata bahwa menginginkan untuk dijadikan sebagai tas ataupun pakaian dikarenakan perusahaan ini, tidak bergerak dalam dunia fashion. Melainkan beberapa jenis kresek plastik sampah yang dibuang dapat dipintal dan melakukan penganyaman dengan berbagai motif. Sehingga dapat dibuat menjadi casing sebuah laptop, bed cover pada bagian luar dan didalamnya tetap terbuat dari kain hangat. Selain itu dapat dijadikan beberapa...” ujarnya menjawab.
“ Lanjutkan Shine, aku suka dengan ide-idemu” kalimat pak Haris.
“ Selain itu, kresek plastik setelah melakukan penganyaman berbagai motif dapat dibuat sebuah lemari dengan desain unik dalam bentuk buku, sofa ataupun sebuah meja dan menggunakan kreatifitas tertentu didalamnya. Dan pada akhirnya terlihat menarik untuk diperhatikan. Dengan desain berbeda, akan nampak unik dan modern serta memiliki harga nilai yang lumayan tinggi.” Ucapannya kembali.
“ Selain itu, modal untuk industri sejenis ini termasuk murah...” sekali lagi Shine menjelaskan tentang beberapa ide untuk pengeluaran terbaru dari perusahaan tersebut.
Semua tercengang-cengang akan penjelasan dan ide kreatifitas saat Shine berada didepan. Tidak pernah terbayangkan bagi siapapun juga bahwa, seorang gadis dianggap paling terbodoh bahkan lebih menyedihkan dari dunia idiot oleh karena dampak sebuah kecelakaan sebelumnya sangat berbeda. Shine dapat memperlihatkan kepada siapapun juga tentang segala kemampuan yang dimilikinya. Kemarin semua orang dapat memberikan pandangan sinis dan melakukan hal paling mengerikan dalam dirinya. Namun, untuk hari ini mereka semua mendapat malu oleh karena Tuhan sedang meninggikan Shine.
Jika Tuhan yang membuka pintu tidak ada yang dapat menutupnya bahkan sebaliknya dari itu semua. Apa bila, hari ini Shine ditinggikan oleh Tuhan maka tidak seorangpun dapat menjatuhkannya sedikitpun. Air mata seorang ibu menghancurkan setiap kalimat yang berkata bahwa Shine tidak akan pernah memiliki masa depan.  Doa seorang ibu telah menghancurkan prediksi medis, dimana Shine tidak akan pernah bisa untuk berkembang. Bahkan, proses otaknya tersebut sangat lambat dan terlihat mengerikan jauh mengalahkan dunia idiot.
Shine melakukan sebuah pendakian dengan cara yang berbeda dalam mewujudkan mimpinya. Siapapun tidak pernah menyangka dikarenakan seluruh perusahaan menolaknya. Seluruh nilai-nilainya di kampus terlihat mengerikan akibat dampak dari kecelakaan tersebut. Kini Shine dapat memimpin dan mengelola dengan sangat baik. *******
“Sudah waktunya Shine mengenal siapa ceo dari perusahaan ini” kalimat seseorang yang tidak lain adalah dokter Aaron.
Pak Haris berjalan masuk ke ruangan Shine untuk mengatakan sesuatu hal. “ Pak Haris, ada yang bisa saya bantu?” ujarnya sangat lembut.
“Begini Shine, sudah waktunya kamu mengetahui siapa ceo dari perusahaan ini. Selama ini dia tidak pernah ingin memperlihatkan dirinya pada siapapun dan...” kalimat pak Haris berdiri didepan Shine.
“ Memangnya ceo perusahaan ini sangat galak atau orang tua gitu”
“ Hahahaha...” tawa pak Haris.
Shine berjalan ke dalam ruangan ceo Bless sesuai perintah pak Haris. Terlihat sangat gugup saat mengetuk pintu, melangkah hingga memberikan irama berbeda dari biasanya dia berjalan. Berusaha untuk melihat wajah tersebut, hanya saja tubuh dari ceo Bless sendiri terhalang oleh sebuah sandaran kursi.
“ Permisi pak, apakah bapak memanggil saya?” kalimat Shine.
Wajah Shine seakan tidak mempercayai siapa yang sedang berada didepannya saat ceo tersebut membalikkan wajahnya. Tidak pernah menduga sebelumnya, bahwa ceo Bless selama ini adalah tunangannya sendiri dan tidak lain dokter Aaron.
“ Dokter Aaron...” teriakan Shine tidak percaya.
“ Hai, gadis manis...gimana kabarmu hari ini di perusahaan?” ucapannya tersenyum memperlihatkan identitasnya.
“ Kamu kan seorang dokter dan kenapa bisa menjadi...jadi, selama ini aku dikerjai sendiri oleh tunanganku?” teriakannya tidak percaya.
Dokter Aaron berusaha untuk menjelaskan tentang semuanya. Bagaimana dirinya memiliki sebuah cita-cita menjadi seorang dokter, akan tetapi dituntut untuk mengelola perusahaan milik orang tuanya. Dengan kata lain, dokter Aaron dapat tetap bekerja di rumah sakit dan memantau segala sistem kerja perusahaannya. 
Awalnya, Shine sangat marah dikarenakan dokter Aaron menutupi segalanya dari dirinya. Namun, saat mengingat bagaimana perjuangan tunangannya untuk terus berada disamping dan memberikan semangat dalam suka dan duka membuatnya tersadar akan sesuatu hal.
“ Lantas, kenapa dokter menyembunyikan identitas dokter terhadap semua karyawan dalam perusahaan ini?” pertanyaan Shine dengan wajah kesal.
“ Itu karena, aku tidak mau diganggu oleh siapapun juga terlebih pekerjaanku bukan hanya sebagai seorang ceo tetapi juga berperan sebagai seorang dokter. Jangan sampai juga, seluruh karyawan wanita di tempat ini menggoda tunanganmu sendiri.” Kalimat dokter Aaron tersenyum kecil.
“ Dokter begitu percaya diri mengungkapkan hal seperti ini...Harusnya dokter itu bertobat.” Seru Shine masih dalam keadaan marah.
“ Aku minta maaf atas semua hal yang kuperbuat dan masalah ketidak jujuranku dalam masalah ini. Tuhan saja pemaaf, bagaimana dengan manusia.” Ujarnya mencoba menghilangkan rasa marah dalam diri Shine.
“ Baiklah, aku akan memaafkan dokter atas kesalahan terbesar yang telah dilakukannya. Hanya saja, jangan pernah melakukan kesalahan sama lagi dokter dengan menyembunyikan identitas dokter.” ucapan Shine menatap wajah tunangannya dimana memperlihatkan wajah bersalah.
Seluruh karyawan pada perusahaan tersebut dikejutkan atas kedatangan dokter Aaron. Sebenarnya, dokter Aaron tidak menginginkan untuk memperkenalkan siapa nama ceo sesungguhnya. Hanya saja, atas bujuk rayu dari Shine dan dengan keterpaksaan mengikuti segala perintah tunangannya. ******
“ Sebelumnya, saya minta maaf karena selama ini tidak memperlihatkan kepada kalian wajah dari pemilik perusahaan ini. Dan sekarang, saya ingin memperkenalkan nama saya Aaron. Aku rasa diantara kita semua tidak ada yang diatas dan dibawah semuanya sama. Jadi, dengan kata lain untuk masalah pekerjaan harus menyesuaikan tempatnya. Namun, aku tidak berkata bahwa menginginkan untuk menekan siapapun.” Kalimat dokter Aaron.
“ Satu lagi, Shine merupakan  salah satu pemimpin yang berperan aktif dalam pengelolahan perusahaan ini. Dikarenakan, sebentar lagi kami akan menikah dan juga pekerjaanku sebagai dokter menuntutku untuk terus berada di rumah sakit. Jadi, apa bila ada sebuah masalah sampaikan dan langsung lakukan komunikasi dengan ibu Shine.” ujar dokter Aaron.
“ Wow, ternyata ceo Bless sangat tampan plus dokter lagi” kalimat salah satu karyawan.
Shine hanya tersenyum mendengar kalimat tersebut, memilikii perasaan bangga dikarenakan tunangannya seorang dokter tampan. “ Trimah kasih Tuhan, karena menghapus segala lukaku dan memberikan ibu terbaik dalam nafasku. Juga mengirimkan dokter Aaron yang akan selalu ada dalam langkahku setiap saat. Aku sangat menyayanginya sampai kapanpun juga.” suara hatinya sangat bersyukur.
Shine berhasil dalam mengembangkan perusahaan tersebut. Membuktikan pada semua orang bahwa segala yang terjadi akibat pengaruh dari kecelakaan itu hanya bersifat sementara. Proses otaknya sangat lemah dalam menerima segala sesuatu hanya bersifat untuk sementara. Semua orang menjadi malu oleh karena berbagai kalimat penghinaan diarahkan dalam langkahnya. Shine merupakan sebuah sinar bagi perjalanan seseorang disuatu tempat tertentu.
Melalui kesaksian hidupnya yang tertulis dalam sebuah media berhasil membentuk banyak orang diluar sana. Menjadi tongkat bagi mereka yang sedang berjalan disebuah padang gurun terluas melalui perjalanan hidupnya. Kesaksian hidup Shine memberikan kekuatan tersendiri hingga mereka yang lemah untuk bertahan ditengah badai terbesar sekalipun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar