Kamis, 25 Februari 2016

PARIWISATA

Bercerita tentang  dunia pariwisata, seperti yang diketahui akan lebih mengarah pada sebuah objek tertentu dari perkembangan sebuah negara. Defenisi industri pariwisata sendiri, menjelaskan bahwa terdapat kumpulan usaha pariwisata yang saling terkait guna menghasilkan barang maupun jasa dalam pemenuhan kebutuhan wisatawan pada penyelenggaraannya.

Berbicara tentang dunia pariwisata, tentunya menggambarkan/ bahkan objek yang disebut sekelompok orang yang melakukan kegiatan usaha untuk pemenuhan kebutuhan wisatawan. Dalam hal ini, dapat juga disebut  pengusaha untuk area dunia pariwisata.

Usaha pariwisata meliputi beberapa area tertentu guna pemenuhan bagi kaum wisatawan, di antaranya daya tarik, kawasan wisata, jasa transportasi & perjalanan, jasa makanan/ minuman dan beberapa hal lainnya yang tidak saya sebutkan namun berkaitan erat. Dari sini, saya selaku penulis ingin menjelaskan beberapa proses tertentu dalam pengembangan dari dunia pariwisata.

Yang menjadi objek perhatian terbesar saya selaku penulis, adalah daya tarik tersendiri bagi pemandangan mata tentang jenis pariwisata yang ada di depan mata para wisatawan. Bagaimana menciptakan usaha kegiatan mengelola daya tarik wisata alam, budaya, maupun wisata buatan tangan manusia. Bahkan semua orang pastinya menyadari, bahwa begitu banyak negara yang sangat bergantung pada industri pariwisata sebagai sumber pajak dan pendapatan bagi banyak pihak secara langsung maupun tidak langsung.

Beberapa fungsi dari dunia pariwisata sendiri, diantaranya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, mengangkat citra bangsa & lain sebagainya di mana berkaitan erat dengan objek dunia wisata sendiri pada umumnya. Kembali pada objek pembahasan sebelumnya, tentang daya tarik tersendiri bahkan terkesan unik bagi pemandangan mata siapapun juga.

Sebuah negara harus  mampu menciptakan suatu pemandangan tertentu yang dapat objek wisata. Saya tidak katakan, bahwa negara ini memiliki objek wisata terlihat biasa saja dan sangat tidak menarik. Hanya saja, oleh karena perkembangan zaman dan persaingan ke depan sehingga sebuah negara harus mampu mendesain suatu objek wisata yang terkesan unik dan tidak pernah terdapat di negara manapun juga.

Apa bila, suatu negara tidak dapat memahami secara pasti bahkan menciptakan ide-ide  tertentu dimulai dari sekarang, tentunya beberapa tahun ke depan pastinya akan berada diurutan paling terbawah. Sementara seperti yang telah diketahui, bahwa industri pariwisata dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi & menghapus kemiskinan. Yang menjadi pertanyaan bagaimana cara untuk membuat terobosan di dunia pariwisata untuk sekarang ini.

Untuk perkembangan industri pariwasata akan menjadi seperti apa ke depan, sedangkan persaingan antara negara dalam hal ini benar-benar wow...Tidak hanya sekedar menciptakan strategi promosi secara luar biasa, dengan memainkan beberapa mode atau sistem baik menggunakan jasa seorang model maupun hal lainnya. Hal ini akan bercerita tentang bagaimana dan seperti apa objek wisata yang akan menjadi daya  tarik tersendiri bagi suatu negara.

Yang  ingin saya katakan adalah menciptakan suatu objek pariwisata dengan desain unik dan terkesan berbeda yang tidak akan  pernah di dapat  dari negara  manapun juga. Salah satu contohnya, negara ini dapat  dikatakan memiliki pantai yang  indah, akan tetapi apakah hanya sekedar pantai dapat terkesan menarik?. Perlu anda ketahui, di seluruh negara terdapat berbagai jenis pantai dengan desain berbeda. Apa bila suatu negara tidak dapat membuat terobosan atau  ide tertentu tentunya ke depan saya katakan akan terlempar keluar.

Salah satu contoh, negara ini memiliki begitu banyak pulau-pulau yang tersebar  luas...yang menjadi pertanyaan bagaimana mendesain jenis pariwisata tersendiri dan tidak terdapat pada negara manapun juga? Tidak hanya sekedar pantai dengan bermodalkan hotel, cafe, kolam renang. Akan tetapi, desain seperti apa yang harus dimainkan dalam area tersebut. Sekali lagi saya tekankan, perkembangan ke depan benar-benar luar biasa dan oleh karena itu, suatu negara harus merencanakan jenis desain  unik hingga tidak dianggap sebelah mata oleh bangsa manapun juga.

Bercerita tentang sebuah pulau, dalam hal ini dapat di desain berbeda dan unik di mana tidak terdapat di negara manapun juga. Sebagai contoh desain yang ingin saya tawarkan adalah sesuatu yang tidak biasanya, namun terkesan menarik. Sebuah pulau dengan desain sebuah menara membentuk gelas kaca yang seakan terlihat mengambang di udara dikarenakan beberapa trik tertentu, sehingga batang dari menara tersebut tidak terlihat sama sekali. Caranya, di mana pada batang menara tersebut berlumuran dengan air deras, sehingga pandangan mata hanya memandang sebuah gelas kaca yang sedang melayang di udara.

Yang jadi pertanyaan, kenapa saya ingin menggunakan gelas kaca ? jawabannya adalah, sebuah desain unik harus memiliki makna yang paling mendasar hingga terlihat menarik bahkan membentuk kepribadian seseorang saat berada di depan menara tersebut. Berbicara gelas kaca, dapat mengarah pada sebuah wadah yang digunakan untuk melepaskan dahaga atau bahkan suatu hiasan manis bagi seseorang. Gelas, kaca, & air merupakan objek yang saling berkaitan erat antara satu dengan lainnya. Menjelaskan tentang perjalanan kehidupan seseorang yang tidak akan lepas dari suatu wadah, cermin tentang beberapa hal, air mata kebahagiaan atau bahkan kesedihan di suatu area  tertentu.

Seseorang membutuhkan tempat untuk mengungkapkan segala isi hati bahkan permasalahannya di suatu area tertentu. Wadah atau tempat dapat bercerita tentang sahabat, pasangan, keluarga, dan yang paling utama adalah Tuhan sebagai alat untuk mencurahkan segala isi hati oleh karena luka dalam sebuah perjalanan.

Saat berjalan di suatu area tersebut, seseorang belajar melihat cermin untuk mengungkapkan bahkan memaknai serta bertanya seperti apa, dimana, bagaimana, dan berbagai jenis pertanyaan tertentu dalam perjalanan. Air mata dapat mengalir saat berjalan untuk mencari jawaban dari pertanyaan tersebut. Pergumulan hidup seseorang akan selalu mengarah pada aliran deras air mata yang dicurahkan kepada Tuhan.

Air mata dapat mengarah pada  suatu jenis kebahagiaan & kesedihan di suatu area tertentu. Kebahagiaan karena menjadi pemenang dalam mengejar mimpi atau kesedihan karena mendapat berbagai jenis penolakan saat menawarkan sebuah karya merupakan salah satu contoh gambaran kehidupan. Gelas, kaca, & air tentunya akan selalu ada serta saling berkaitan antara satu dengan lainnya.

Kembali pada inti pembicaraan tentang pulau, selain menara  gelas kaca yang diselimuti oleh derasnya aliran air, pulau tersebut dapat di desain dengan cara yang unik. Dari atas menara kaca tersebut, pulau itu membentuk sebuah gambar burung rajawali. Jadi, dengan kata lain harus mengalami penanganan khusus dalam mendesain pulau tersebut. Sehingga pada saat seseorang berada di atas menara atau menggunakan sebuah helikopter terlihat jelas pulau tersebut membentuk burung rajawali.

Tentunya dalam desain burung rajawali ini, membutuhkan trik berbeda dikarenakan akan mengalami beberapa kesulitan. Tapi, disinilah seni dari pulau tersebut. Dapat menggunakan tali khusus & beberapa alat-alat tertentu untuk membuat sketsa burung rajawali tersebut. Dengan kata lain, untuk area sayap kiri/kanan menentukan pengukuran tertentu dan memberikan tanda menggunakan tali serta beberapa alat dari pulau tersebut. Begitupun sebaliknya dengan kepala, badan, ke-2 kakinya harus ada sketsa dengan menggunakan tali & beberapa alat tertentu sebagai tanda.

Pada bagian sayap dapat dibuat beberapa arena permainan, salah satu contohnya danau buatan, kolam renang, taman bermain, dan beberapa tempat lainnya dengan konsep desain berbeda dari negara manapun. Pada bagian kepala dapat mendesain beberapa rumah adat seluruh propinsi tanpa menghilangkan cita rasa kebudayaan negara ini sendiri.

Pada bagian kaki dapat mendesain sebuah perpustakaan dengan keunikan tersendiri. Sesuatu yang unik tersebut, seperti jenis gedung menyerupai sebuah pedang di atas batu asa. Dikarenakan, otak seseorang menggambarkan sebuah pedang yang tumpul. Sementara batu asa sendiri bercerita tentang buku-buku berharga untuk memperluas wawasan seseorang. Menyadari tentang perkembangan dan lain sebagainya akan mengarah pada buku-buku bacaan.

Dan pada bagian-bagian lainnya dapat di desain dengan beberapa objek tertentu yang akan menjadi pusat perhatian bagi siapapun. Kenapa, saya menggunakan burung rajawali dalam desain pulau ini? Dikarenakan, burung rajawali akan terbang semakin tinggi pada saat badai paling terhebat sedang membungkus dirinya. Sama seperti kehidupan seseorang, bahwa semakin besar badai yang sedang membungkus tentunya harus semakin kuat dan tidak menjadi  lemah melainkan mempunyai sebuah kekuatan luar biasa.

Dalam hal ini, saya sebagai penulis bukan berarti ingin memamerkan atau menghina sesuatu hal. Hanya saja, mengemukakan pendapat dan kembali pada dunia SDM untuk para pengusaha bahkan negara dalam menyingkapi tulisan ini. Dana yang dibutuhkan tentunya sangat banyak, hanya saja kembali lagi pada pemikiran ke depan akan menjadi seperti apakah negara ini dengan persaingan luar biasa di kalangan internasional?

Tentunya mereka yang bijak dan mampu mengelola tentang sebuah pendanaan, tidak akan mengalami kesulitan dalam mendesain suatu objek wisata seperti ini ,jika seandainya dipandang positif oleh berbagai pihak. Seandainya mendapat penolakan tidak menjadi masalah, negara luar, pasti menyukai konsep desain sejenis ini. Tentunya dengan caraNYA yang ajaib, Tuhan akan membuka jalan ke depan untuk sesuatu hal yang tidak diketahui sama sekali.
             


Tidak ada komentar:

Posting Komentar